Langkah Melakukan Test Corona Menggunakan Rapid Test

- 05.30
Untuk dapat melakukan pengecekan test corona ada beberapa alat yang sudah dapat digunakan yang mempunyai fungsi untuk mendeteksi virus yang menyerang tenggorokan dan mengganggu saluran pernafasan ini. Dimana untuk beberapa alat tersebut misalnya dapat melakukan pengecekan lewat darah, lewat liur, dan juga lewat lendir. Anda bisa untuk melakukan berbagai pemeriksaan yang akan mempunyai cara pengecekan, prosedur, harga, dan juga perolehan untuk memperoleh hasil yang berbeda. Sehingga bagi Anda yang akan melakukan pengecekan bisa untuk memilih dari banyaknya alat yang tersedia untuk mengetahui apakah Anda tertular virus corona atau tidak.

Akan tetapi untuk pemerintah Indonesia sekarang ini sendiri mempunyai cara yang dapat dilakukan dan diterapkan untuk pengecekan virus corona. Dimana untuk alat yang dipilih adalah rapid test yang merupakan alat dasar untuk dapat melakukan skrining apakah seseorang mempunyai potensi terserang virus corona. Dimana alat ini merupakan alat yang penggunaan prosedurnya dengan cara mengambil sampel darah seseorang. Sehingga nantinya akan disamakan dengan antibodi yang mempunyai fungsi melawan virus corona. Apabila hasilnya positif hal tersebut menandakan bahwa pasien tersebut mempunyai antibodi yang melawan virus corona sehingga juga mempunyai arti telah terpapar virus corona sebelumnya.

Agar Anda dapat melakukan pemeriksaan rapid test sendiri tidak mudah, karena pemerintah mempunyai prioritas. Sehingga untuk masyarakat yang diprioritaskan adalah yang mempunyai masalah kesehatan dan juga kelompok yang dapat untuk terkena virus corona. Sedangkan bagi Anda yang tidak sakit dan dalam kondisi sehat tidak bisa untuk melakukan test ini. Oleh karena itulah untuk orang yang dalam kondisi sehat diharapkan untuk dapat menjaga kesehatan dengan baik dengan melakukan aktivitas yang sehat agar tidak terkena virus corona. Seperti misalnya dengan cuci tangan dengan sabun, menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker, dan juga menghindari kerumunan dan melakukan social distancing. Sedangkan untuk langkah agar dapat melakukan dan mendapatkan rapid test adalah sebagai berikut ini:

1.    Masyarakat prioritas yang menerima rapid test
Seperti yang dijelaskan bahwa rapid test ini bisa dilakukan untuk orang yang mempunyai kesempatan besar untuk terkena virus corona sehingga tidak dilakukan untuk semua orang. Adapun untuk beberapa kategori masyarakat yang dapat menerima rapid tes adalah sebagai berikut:

•    Golongan pertama adalah yang sudah ditetapkan sebagai ODP dan PDP yaitu orang yang diawasi mempunyai resiko besar untuk terkena virus. Selain pasiennya sendiri, keluarga pasien dan semua orang yang pernah melakukan kontak langsung juga akan ikut diperiksa.
•    Petugas kesehatan yang melakukan perawatan terhadap pasien yang terkena corona.
•    Profesi yang harus bertemu dengan banyak orang seperti polisi dan TNI.

2.    Pemeriksaan rapid test
Untuk orang yang berada dalam golongan di atas akan bisa melakukan rapid tes karena menjadi prioritas dalam menanggulangi agar corona tidak semakin menyebar. Dimana untuk pemeriksaan ini juga akan bisa menentukan langkah selanjutnya yang diperlukan. Akan tetapi karena alat ini merupakan langkah dasar maka hal tersebut juga menjadi masalah karena harus melakukan rapid tes ulang 7 hingga 10 hari setelahnya untuk mengecek kembali hasil tes yang pertama.

3.    Langkah setelah hasil keluar
Setelah melakukan test corona dengan rapid tes, maka langkah selanjutnya tergantung dari hasil yang didapatkan. Bagi yang mempunyai hasil positif maka bisa untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan lanjutan tersebut adalah PCR atau polymerase chain reaction yang akan langsung mengetahui keberadaan virus corona sehingga mempunyai hasil yang lebih akurat.

 

Start typing and press Enter to search