Yuk Cari Tahu Kerusakan Yang Biasa Terjadi Pada AC Mobil

- 14.39
Sering kali anda pun beranggapan bahwa ketika ac mobil tidak dingin, maka anda pun akan mengira bahwa freonnya habis atau kurang. Padahal di kenyataannya terdapat beberapa masalah lain yang bisa terjadi di dalam AC pada mobil anda. Untuk itu, ketika anda mengalami hal yang tidak beres terjadi pada AC tersebut, maka anda pun tidak perlu panik. Anda pun bisa mencari tahu terlebih dahulu beberapa kerusakan yang biasa terjadi pada AC. Berikut ulasannya.

Hal-Hal Yang Pada Umumnya Menjadi Penyebab Kerusakan AC Pada Mobil
1. AC Dalam Keadaan Tidak Dingin
Apabila AC di dalam mobil anda sedang mengalami keadaan tidak dingin, maka tentu saja hal tersebut dapat terjaid dikarenakan beberapa hal. Salah satunya adalah karena freon AC yang bocor ataupun masalah pemakaiannya yang agak lama. Selain itu, terdapat pula beberapa hal yang bisa menjadi kegagalan fungsi dari AC pada mobil anda. Seperti rusaknya thermostat yang diakibatkan karena thermostat ini tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Selain itu, ketika AC mobil tidak dingin juga bisa terjadi karena hal lain. Seperti masalah pada cooling fan. Dimana jika cooling fan pada mobil anda mati, maka suhu mobil freon pun akan menjadi panas. Hal ini tentu saja dikarenakan freon tidak bisa diubah menajdi gas secara maksimal. Kondensor dan radiator yang kotor pun juga dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Dimana kerusakan tersebut akan menghalagi proses kondensasi pada kondensator.

2. Kipas Kondensor Tidak Dapat Berfungsi Dengan Baik
Tak hanya itu saja, kerusakan yang biasa terjadi pada AC adalah diakibatkan dari baling kipas yang tidak berputar. Untuk itu, hal ini pun dapat diakibatkan karena rusaknya sekring, kabel, konektor elektronik blower dan juga socket kabelnya. Anda pun juga perlu untuk memeriksakan bagian relay pada motor kipas. Sehingga ketika relay motor mengalami kerusakan maka anda pun tentu saja perlu untuk menggantinya.

3. AC Dalam Keadaan On Tapi Blower Tidak Hidup
Apabila anda mengalami keadaan AC dalam posisi on akan tetapi blower tidak hidup, maka nantinya anda pun perlu melakukan service ac mobil. Hal ini dikarenakan anda perlu untuk mengganti ataupun memperbaiki bagian motor blower bagian evaporator tersebut. Untuk itu, anda pun perlu untuk memeriksa aliran listrik blower anda sebelum memeriksa bagian motornya. Apabila terjadi switch blower yang rusak ataupun kabel yang putus maka anda pun harus segera memperbaiki.

4. Evaporator Dalam Keadaan Kotor
Kerusakan lainnya yang biasa terjadi terhadap AC pada mobil anda adalah evaporator anda kotor. Hal tersebut dapat dikarenakan kotor dan juga berdebu, serta adanya kotoran lain yang terbawa oleh blower. Sehingga ketika evaporator menjadi kotor maka nantinya gas yang akan dialirkan oleh blower pun menjadi tidak kencang seperti biasanya.

Untuk itu, anda pun perlu membawanya ke tempat service AC mobil untuk memperbaikinya. Jika dibiarkan berlarut larut maka hal ini pun akan menyebabkan udara di dalam cabin tidak akan cepat dingin begitu AC mobil dinyalakan. Untuk itu, anda pun perlu memperhatikan dan mengecek secara rutin agar evaporator tetap dalam keadaan yang bersih.

Dengan mengetahui penyebab kerusakan yang biasa terjadi di dalam AC pada mobil anda, maka anda pun bisa untuk mengatasi hal tersebut. Penyebab AC pada mobil tidak bekerja seperti semestinya dalam hal ini adalah perkiraan secara teknik. Terkadang udara yang tidak dingin juga bisa disebabkan oleh keadaan mobil ataupun setting sebelum mobil tersebut dinyalakan.
 

Start typing and press Enter to search